Cara Perbaiki dan Redirect Broken Link (404) untuk SEO Blogger | Digital Marketing by SEO Technology and Web Design

Jumat, 11 Oktober 2013



Apa itu Broken Link?

kesalahan perayapan broken link blog
Broken link adalah link yang ditemukan di suatu halaman web/blog, baik halaman web/blog internal maupun halaman web/blog lain namun mengarah pada halaman web/blog yang tidak ada (tidak ditemukan). Banyak penyebab halaman tidak ditemukan, misalnya halaman tujuan sudah dihapus, kesalahan server, kesalahan setting url, dan yang paling banyak adalah kesalahan dalam menuliskan URL. Ini biasanya terjadi ketika anda atau pemilik web/blog lain yang ingin memberikan link ke salah satu halaman anda melakukan kesalahan saat menuliskan atau mencantumkan url. Misalnya kurang http://, tidak sengaja menambahkan url di belakang url, white space, dan lain sebagainya. Link tersebut kemudian diklik oleh pengunjung, dan karena halaman dengan URL seperti itu tidak ada, walhasil pengunjung akan diarahkan ke halaman 404 alias Page not Found. Demikian juga yang dibaca oleh Google. Ketika Google menemukan backlink (baik link di halaman blog anda sendiri maupun di halaman website/blog lain), dan menemui bahwa halaman tujuan tidak ada, maka Google akan melihatnya sebagai broken link.

Pengaruh Broken Link Terhadap SEO


Apa ada kaitan antara broken link dengan SEO? Ya, ada pastinya. Jika tidak, maka informasi ini tidak akan anda temukan di Google Webmaster Tools. Broken link atau link rusak adalah satu dari beberapa poin "Kesalahan Perayapan" (Crawl Errors) dan "Kesalahan Situs", lebih spesifiknya lagi "Kesalahan URL", maka memang harus diberikan perhatian penuh. Jumlah broken link yang signifikan akan memberikan penilaian pada Google bahwa sebuah website/blog tidak sehat serta memiliki perubahan konten signifikan namun tidak segera diperbaiki (misalnya jika anda membeli domain yang pernah dimiliki oleh pihak lain dan mengubah kontennya). Semakin banyak broken link, semakin tidak sehat sebuah situs. Di mata Google, broken link sama saja sebuah "suguhan kosong" bagi pengunjung. Oleh karena itu, semakin banyak jumlah broken link ditemukan, Google akan menurunkan nilai penting website/blog anda. Artinya, peringkat web/blog anda di SERP akan semakin merosot. So? Perbaikilah!


Memperbaiki (Redirect) Broken Link di Platform Blogger


Kata "memperbaiki" sebenarnya memang agak kabur dalam konteks broken link, karena sebenarnya yang kita lakukan adalah melakukan redirect pada link yang rusak menuju link/halaman lain; sebab untuk membuat halaman baru dengan url yang sama dengan link yang rusak memiliki ketidakmungkinan sangat besar. Misalnya, bagaimana bisa anda membuat halaman baru di Blogger dengan url: 
http://bloganda.blogspot.com/2013/09/broken-link.hml/blah-blah
Tidak mungkin bukan? Link di atas biasanya ada karena kesalahan penulisan atau ketambahan karakter secara tidak sengaja.

Maka yang harus dilakukan adalah melakukan redirect, dengan tipe permanen, agar link tersebut mengarah ke halaman lain yang "sehat" dan bersifat permanen.

Untuk melakukan cek broken link pada Google Webmaster Tools, buka GWT dan masuk ke dashboard blog anda. Lalu klik "Kesalahan Perayapan". Di situ ada 4 jenis kesalahan utama, "Kesalahan Server", "Tidak Ditemukan", "Tidak Diikuti", dan "Lainnya". Pada platform blogger, yang paling mungkin diperbaiki adalah pada bagian "Tidak Ditemukan" alias not found alias 404. Klik pada bagian itu.
Di halaman itu, lihat pada bagian bawah, ada berbaris-baris broken link (jika ada, hehe). Jika jumlahnya mencapai puluhan bahkan ratusan, maka ini saat yang tepat bagi anda untuk bertindak tegas! Cieeee....

Anda bisa klik bagian url untuk melihat informasi lengkap urlnya (akan muncul pop up window). Tapi saya rasa tidak begitu penting. Untuk langsung memperbaikinya, copy saja url tersebut (yang merupakan bagian belakang dari url domain). Anda perlu cek halaman apa yang sebenarnya harus dituju oleh url yang rusak tersebut, misalnya halaman post apa gitu. Persiapkan juga url post tersebut.

Berikut contoh broken link pada blog ini:
Broken link:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
Link seharusnya:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html
Jika broken link ada banyak, maka anda harus melakukan copy paste dan menemukan halaman tujuan seharusnya secara berulang-ulang. Tapi yakinlah, dengan melakukan perbaikan ini, efeknya luar biasa bagi perbaikan SEO blog anda. Oke? jadi masih mau lanjut? Mari gaaan!

1. Buka dashboard blogger > Setting > Search Preferences > Lihat pada bagian "Errors and redirections" > Custom redirect.
2. Klik link "edit".
Blogger Custom Redirect 1
3. Setelah itu, anda akan melihat dua kolom, yang pertama adalah link yang akan  diredirect, dan kedua adalah tujuan redirect. 
Redirect Halaman Blogger
4. Masukkan url yang sudah anda copy via Google Webmater Tools tadi. Sebagai contoh url saya tadi:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
Masukkan ke kolom di baris pertama, JANGAN LUPA ditambahi dengan "/" di bagian depannya. Jadi urlnya begini:
/2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
5. Kemudian masukkan url tujuan redirect, dengan ketentuan sama seperti di atas. Sebagai contoh url tujuan saya berarti:
/2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html
6. Centang pada bagian permanen (untuk memberikan perintah permanent redirect, lalu save.

Jika masih ada url yang harus di-redirect, klik "add new redirect" untuk menampilkan kolom baru, dan lakukan cara yang sama. Jangan lupa sesekali klik "Save changes" (tombol warna orange) untuk menyimpan semua setting secara permanen (Jangan lupa bagian ini ya, bro).

Uji coba url yang diredirect tadi dengan memasukkan url lengkap. Jika setting yang dilakukan tepat, maka broken link akan terarah ke link tujuan redirect. Jika tidak cek apakah url dan cara menuliskan redirect sudah benar.

Setelah itu tandai semua broken link di GWT sebagai sudah diperbaiki. Google butuh waktu untuk re-crawl url-url (link) yang sudah diperbaiki, jadi efeknya tidak cepat. Semakin banyak, semakin butuh waktu lebih panjang. But at least, anda sudah melakukan langkah SEO yang tepat pada blog Blogger anda.

Sedikit tips:
Terkadang kita menemui broken link yang aneh, misalnya tau tidak bahwa link "tang dan obeng" itu juga ikut terdeteksi oleh Google? Tapi halaman menuju link tersebut tidak dapat diakses oleh Google. Walhasil, halaman itu juga dianggap broken. Ada juga misalnya broken link yang malas anda carikan tujuan redirectnya. Nah daripada pusing-pusing, lebih baik redirect saja ke homepage. Caranya? Masukkan saja tanda "/" ke dalam kolom tujuan redirect (kolom kedua), yang berarti broken link akan diredirect ke homepage. Beres.

Jika masih bingung soal fitur redirect ini, baca Blogger Custom Redirect. Pengguna Wordpress? Search aja "WordPress 301 Redirect Plugin". Beres juga yah!

0 komentar:

Posting Komentar