Cara Melakukan Optimasi SEO OnPage (Onsite SEO Optimization) Pada Blog | Digital Marketing by SEO Technology and Web Design

Selasa, 15 Oktober 2013

Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage pada Blog
Cara melakukan Optimasi SEO Onpage pada blog memang sangat mudah. Optimasi ini mencakup 20% dari seluruhnya, dan sisanya adalah Optimasi SEO Offpage. 

Apa Itu Optimasi SEO Onpage Pada Blog

Optimasi SEO Onpage adalah optimasi yang dilakukan pada bagian-bagian sebuah halaman website. Ini bisa dilihat langsung oleh pengunjung. Berbeda dengan Optimasi SEO Offpage, optimasi ini tidak dapat dilihat sepenuhnya oleh pengunjunng.

Jadi mari kita bahas saja mengenai cara melakukan Optimasi SEO Onpage ini.. 

Cara melakukan Optimasi SEO Onpage Pada Blog

Yang pertama kali saya luruskan adalah bahwa yang bisa bertengger di Search Engine itu adalah halaman. Jadi berhentilah mengoptimasi homepage situs anda anda tapi optimasilah halaman situs anda.

Bagaimana caranya agar halaman kita relevan? ikuti beberapa hal berikut! 

Jadi untuk onpage SEO ini meliputi beberapa hal... Saya yakin ada lebih dari yang saya tulis disini, tapi sementara ini anda cukup mengerti ini dulu, dan saya yakin dibawah ini adalah 80% dari semuanya.

  • Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
  • Emphasize (Seperti memberi Bold, Italic, Underline, dan lain-lain).
  • Image alt tag
  • Outbound link
  • Konten
  • URL
OK, mari kita bahas penjabaran dari poin-poin penting diatas.



Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag

Hal pertama yang penting dan yang menjadi ukuran google untuk menentukan apakah halaman kita relevan dengan sebuah kata kunci adalah dilihat dari Title Tag nya. Letak title tag itu berada di judul artikel di title bar browser.

Dalam memberi Meta Description, harus memperhatikan beberapa hal berikut..

    Optimasi SEO Onpage dengan Title Tag
  • Panjang maksimal 160 karakter
  • Jangan mengulang suatu kata lebih dari dua kata
  • Sebaiknya letakkan kata kunci yang anda targetkan dibagian awal deksipsi
Dan menambah Heading Tag sama saja berkata kepada google, "Ini adalah bagian terpenting, ini lebih penting, ini penting, dan ini bagian agak penting.

Jadi, silahkan anda baca tutorial mengoptimalkan Title Tag, Heading Tag, dan Header Halaman di artikel Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag 

Emphasize

Emphasize itu misalnya memberikan bold, italic, underline, dan sebagainya pada kalimat atau kata terpenting pada artikel.

Image Alt Tag Optimization

Jika anda punya artikel sebaiknya anda kasih gambar jika anda bertarung di kata kunci yang cukup sulit dan sengit, untuk optimasi gambar anda harus meletakkan Image Alt Tag dan Image File Name pada gambar tersebut. Untuk cara pemasangannya, silahkan anda baca Cara Pasang Image Alt Tag pada blog

Optimasi Onpage Dengan Outbound Link

Outbound link ini adalah link yang kita keluarkan, maksudnya link dari blog anda yang mengarah ke blog lain. Salah satu ciri dari halaman yang relevan itu biasanya suka mengeluarkan link, anda bisa lihat halaman di wikipedia dan blog besar lainnya, anda pasti tahu kalau banyak sekali link keluar dari blog tersebut.

Dengan banyaknya outbound link ini, mencirikan bahwa anda membuat halaman tersebut semata-mata bukan hanya untuk Search Engine, tapi anda membuatnya untuk pengunjung.

Jadi, jika anda melihat halaman tentang sesuatu yang mengincar kata kunci yang kompetitif ada baiknya jika anda melakukan outbound link ke blog Authority yang memiliki artikel relevan dengan artikel anda.

Dengan begitu, anda meningkatkan relevansi artikel anda dan anda juga membantu pengunjung anda untuk melihat tambahan referensi lainnya dari blog lain. 

Optimasi Onpage Pada Konten

Anda harus menyediakan konten atau artikel yang dapat membuat orang menetap di blog anda. jadi begini, anda membuat artikel dan yang terlintas dipikiran anda haruslah untuk pengunjung. Jadi anda harus membuat artikel dengan konten yang bagus, bermutu, dan memberikan nilai kepada orang lain. Kata lainnya adalah anda harus mebuat artikel berkualitas.

Untuk membuat pengunjung tidak bosan dengan artikel anda, anda harus langsung menuliskan apa yang dicari pengunjung dan tidak bertele-tele karena pengunjung tidak suka seperti itu.

Optimasi Onpage pada Url

URL yang baik itu seharusnya berisikan namadomain/kategori/subkategori/judul-artikel jika untuk blog wordpress. Sedangkan kalau blogspot sebaiknya ada keyword juga di permalink. Lihat contoh berikut..

http ://www.komiknaruto.com/buku/komik/naruto-episode-311.html

http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-blog.html

Setiap bagian itu harus berisikan keyword yang jelas. Tapi tetap saja, banyak orang yang tidak mengerti dan membuat url yang tidak jelas. Sebenarnya ini sangat merugikan karena menyia-nyiakan bagian terpenting dari Onpage SEO. Contoh URL yang tidak jelas seperti ini..

http://www.contohnama.com/asq123/name.php?id=91823
http://www.seoterpadu.com/123

Jadi, itulah poin-poin penting dari Optimasi SEO Onpage. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam membuat blog yang memiliki nilai SEO Onpage yang baik. 

1 komentar:

  1. Wonderful post...I like your blog.^^
    Maybe follow each other on bloglovin?
    Let me know follow you then back.
    Lovely greets Nessa

    BalasHapus